Tentang Kami

PROFIL

MEDIA siber  KATANDA.ID merupakan media massa berbasis elektronik yang berpusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Meski demikian, media siber KATANDA.ID ini tidak hanya fokus menyajikan informasi seputar kawasan Sumatera Selatan saja melainkan meliputi seluruh seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Media online KATANDA.ID memang terbilang seperti bayi yang baru terlahirkan, berdiri sekaligus terbit sejak November 2021, seiring diterbitkannya Akta Pendirian Perusahaan bernama PT. Bintang Bumi Media atau disingkat dengan PT. BBM.

Sebagaimana Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Pasal 9 Ayat (2) menyebutkan: “Setiap perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia”. Ini diperkuat dengan Surat Edaran Dewan Pers tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers; di mana setiap Perusahaan Pers harus berbentuk badan hukum Indonesia.

Sesuai Standar Perusahaan Pers, badan hukum Indonesia yang dimaksud di atas harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Mengacu Pasal 1 angka 2 UU Pers, badan hukum untuk penyelenggaraan Usaha Pers adalah badan hukum yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, atau menyalurkan informasi. Dengan demikian, bentuk badan hukum untuk usaha pers tidak dapat dicampur dengan usaha lain selain di bidang pers.

Didasari ketentuan Undang-Undang dan Surat Edaran Dewan Pers tersebut, PT. Bintang Bumi Media (BBM) pun didirikan khusus menaungi produk-produk pers, dan terkait dengan usaha pers.

Dengan didukung jurnalis yang memiliki semangat dan idealisme yang tinggi, KATANDA.ID bisa menyampaikan berita yang aktual, menarik, dan bermanfaat bagi pembacanya.

Aktual: Berita yang tersaji merupakan peristiwa yang baru saja terjadi, masih menjadi pembicaraan di masyarakat, belum disela media online serupa, menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Menarik: Materi yang dipublikasi mengandung unsur luar biasa baik peristiwa maupun dampaknya, mengandung unsur pertentangan, human interes atau sisi-sisi kemanusiaan, kedekatan suatu peristiwa dengan pembaca atau audience.

Bermanfaat: Sebelum sebuah berita atau laporan diturunkan/dipublikasikan, redaksi senantiasa harus bertanya pada dirinya manfaat apa yang diperoleh pembaca atas tulisan yang disajikan.