Timnas Futsal Indonesia akan Kembali Bertemu Thailand di Final AFF Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia.

KATANDA.ID, Jakarta – Final AFF Futsal 2022 yang mempertemukan Indonesia vs Thailand benar-benar menunjukkan dominasi tim Gajah Perang dalam dunia futsal di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Indonesia vs Thailand bertemu di final AFF Futsal. Pertemuan itu terjadi Timnas Futsal Indonesia sukses mengalahkan Myanmar 6-1 di semifinal Piala AFF Futsal 2022, sedangkan Thailand menundukkan Vietnam 3-1.

Bacaan Lainnya

Bagi Indonesia ini adalah final kelima di ajang AFF Futsal. Sementara bagi Thailand ini adalah kali ke-16 mereka lolos ke final AFF Futsal.

Thailand merupakan Raja Futsal ASEAN. Tim Gajah Perang selalu menjadi juara AFF Futsal setiap tampil di kejuaraan yang kali pertama digelar pada 2001.

Fakta menariknya adalah satu-satunya negara yang mampu menjadi juara AFF Futsal selain Thailand adalah Indonesia, yakni pada 2010 ketika mengalahkan Malaysia 5-0 di final.

Indonesia bisa menjadi juara setelah Thailand absen di AFF Futsal 2010. Ketika itu Thailand lebih memilih fokus tampil di turnamen futsal internasional Thai 5s yang digelar di waktu hampir bersamaan.

Dari empat penampilan Indonesia di final AFF Futsal, tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan dari Thailand. Indonesia kalah 3-10 di final 2006, kalah 1-5 di final 2008, dan 0-5 pada final 2019.

Jika Thailand tidak absen, maka Toh Lek selalu mampu menjadi juara, setidaknya hingga AFF Futsal 2019. Tahun ini pun Thailand berpeluang melanjutkan dominasi total di futsal ASEAN setelah lolos ke final AFF Futsal 2022.

Thailand merupakan tim langganan Piala Dunia Futsal. Thailand juga mampu dua kali lolos ke final Piala Asia Futsal pada 2008 dan 2012 meski kemudian kalah.

Namun peluang Indonesia mengalahkan Thailand di final AFF Futsal 2022 cukup terbuka setelah hampir mengalahkan tuan rumah di babak grup. Ketika itu laga berakhir imbang 2-2 setelah Indonesia sempat unggul cukup lama. Dikutip dari CNN Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: lion's mane mushrooms