Syiar Safari Ramadhan 1443 H, Plt Bupati Beni : Muba Miliki Bonus Demografi Potensi Cepat Maju dan Berkembang

Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP kembali menggelar Syiar Safari Ramadhan.
KATAND.ID, Sekayu – Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP kembali menggelar Syiar Safari Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (29/4/2022).
Kali ini kegiatan yang dirangkaikan dengan ibadah shalat isya, dan tarawih berjamaah tersebut dilakukan bersama unsur kepemudaan dan kemahasiswaan.
Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengatakan Syiar Safari Ramadhan ini sangat bermanfaat, selain menyemarakkan bulan suci ramadhan, juga untuk menjalin silaturahim, serta terjadinya komunikasi hingga penyampaian aspirasi.
“Hadir disini tentu ada manfaatnya selain ibadah yakni kita bisa bersilaturahim, terjadi komunikasi, dan penyampaian aspirasi,” ujarnya.
Lanjut Beni, dari total jumlah penduduk di Kabupaten Muba, lebih dari separuhnya berada dalam kriteria usia produktif yang menjadi potensi suatu wilayah untuk lebih cepat berkembang dan maju. Adapun jumlah dan kelompok umur penduduk Muba yakni, total penduduk 622.206 jiwa, usia 7 tahun kebawah 16,73%, usia 8-23 tahun 27,28% (generasi Z), usia 24-39 tahun 26,71% (generasi milenial), usia 40-55 tahun 19,25%, usia 54-70 tahun 9,4% dan usia 70 tahun keatas 1,12%.
“Jika dijumlahkan dari kelompok usia 8-55 tahun adalah 73% penduduk Muba ini merupakan orang yang produktif, kita mempunyai bonus demografi, artinya usia produktif dalam sebuah wilayah memiliki keunggulan untuk lebih cepat maju dan lebih cepat bergerak,” tandasnya.
Oleh karena itu dikatakannya, tantangan Pemkab Muba kedepan ialah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengarahkan SDM tersebut agar bisa mengelola potensi sumber daya alam yang ada disamping menciptakan peluang usaha dan pekerja kreatif.
“Kita tingkatkan terus kualitas SDM, agar bisa mengelola potensi sumber daya alam yang ada,”ucapnya.
Sementara itu Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Rizon yang mewakili unsur kepemudaan dan kemahasiswaan menyampaikan peran pemuda sangat diperlukan untuk kemajuan Kabupaten Muba.
“Kami berharap kedepannya untuk organisasi kepemudaan kita harus lebih kritis lagi demi kemajuan kabupaten kita yang kita cintai ini, baik dari sisi pembangunan dan sebagainya. Pemuda harus menjadi jembatan penyambung lidah rakyat, untuk menyampaikan kepada pemerintah demi kemajuan dalam berbagai aspek,” pungkasnya.
Turut hadir diantaranya, Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Frederika Beni Hernedi, Staf Khusus Bupati Bidang Kepemudaan Candra Wijaya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Muba H Opi Pahlopi MA, dan Kepala Perangkat Daerah Muba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: faceless niches