Dinkominfo Muba Gencar Sosialisasi Implementasi E-Walidata Statistik Sektoral

Sosialisasi Implementasi E-walidata Statistik Sektoral di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023.
Dukung Penuh Pengembangan SIPD-RI

 

KATANDA.ID, MUBA – Dukungan peningkatan kualitas sistem informasi pembangunan daerah (SIPD), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba melalui Bidang Statistik Sektoral gencar melakukan sosialisasi Implementasi E-Walidata Statistik di ruang rapat Danau Ulak Lia Bappeda Muba, Rabu (02/8/2023).

Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Implementasi E-walidata Statistik Sektoral di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023”, adapun peserta berjumlah 36 orang yang berasal dari utusan satuan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba.

Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Sekretaris Dinkominfo Muba Hj Nurzahrawati SPd MT dalam arahannya mengatakan sosialisasi implementasi E-Walidata statistik sektoral di Kabupaten Muba tahun 2023 ini dilaksanakan sesuai dengan yang tertuang dalam SIPD sebagaimana peraturan Menteri Dalam Negeri no 70 tahun 2019 yang diimplementasikan kedalam Dashboard informasi pembangunan daerah (BANGDA) pada domain SIPD.GO.ID diantaranya E-Walidata statistik sektoral daerah.

Oleh sebab itulah, lanjutnya Dinkominfo Muba sebagai walidata statistik sektoral daerah (SSD) mempunyai tugas memeriksa kualitas data dan menvalidasi data berdasarkan prinsip SDI dan membantu tugas pembina data dalam membina produsen data (Perangkat Daerah) untuk menyelenggarakan tersebut.

“Saya berharap agar bapak/ibu dari semua satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba dapat mengaplikasikan E-Walidata SSD yang akan menjadi informasi kondisi awal dalam menyusun dokumen rencana pembangunan daerah, sekaligus bahan pertimbangan intervensi dan target pembangunan daerah,” tandasnya.

Sementara Plt Kabid Statistik Sektoral Dinkominfo Muba Mustito, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa pusat data informasi dan sistem informasi (PUSDATIN) kemendagri saat ini sedang mengembangkan SIPD-RI (SIPD MICROSERVICES) pada situs HTTPS://SIPD-RO.KEMENDAGRI.GO.ID/. situs laman informasi pembangunan daerah ditjen bina bangda siap dihubungkan dengan SIPD-RI yang dikelola Pusdatin.

Penyempurnaan proses kerja sistem informasi pembangunan daerah ini, lanjutnya dimulai dari proses E-Walidata SSD, kemudian data perencanaan pembangunan daerah, selanjutnya proses perencanaan pembangunan daerah, serta analisis dan profil pembangunan daerah.

Dikatakannya, Analisis dan profil memberikan gambaran kondisi pembangunan daerah, capaian target-target dan tujuan pembangunan daerah, serta proyeksi pembangunan daerah ke depan. Perencanaan pembangunan daerah menggunakan proses bisnis SIPD.GO.ID sebagai Subdomain SIPD-RI.

“Mendukung Penuh Pengembangan SIPD-RI dengan mengintegrasikan sistem informasi pembangunan daerah ditjen bina bangda ke dalam SIPD-RI.
Penguatan E-Walidata statistik sektoral daerah melalui SIPD. Terwujudnya statistik berkualitas dari segi penyelenggaraan dan produknya oleh unit kerja instansi pusat dan pemerintah daerah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan perangkat daerah dapat mewujudkan kualitas data perangkat daerah Kabupaten Muba dengan memanfaatkan data dari E-Walidata dan sinkronisasi data menjadi dasar dalam penyusunan perencanaan jangka panjang, menengah dan tahunan daerah yang berkualitas,” pungkasnya. (ril)

Pos terkait