KATANDA.ID, Jakarta – Media pemberitaan seputarpemerintah dan ekonomi, SuaraPemerintah.ID bekerja samadengan TRAS N CO Indonesia menggelarpenghargaan Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2022 khusus untuk perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebutdiberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja public relations (PR) BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN yang berhasil membangun citra positif dan reputasi perusahaan di ranah digital.
Penyerahan penghargaan Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2022 dilangsungkan secara virtual pada Jumat 22 April 2022. Sebelum acara virtual penyerahanpenghargaan, diadakan webinar yang paparkan oleh Dr.Emilia Bassar, S.Sos., M.Si., CEO CPROCOM (Center for Public Relations, Outreach and Communication yangmengulas tema “Corporate Reputation Management for BUMN & BUMD”.
Indonesia TOP Digital Public Relations Award 2022didedikasikan khusus untuk perusahaan BUMN, BUMD &Susidiary BUMN yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations mereka dalam berkomunikasi untuk menciptakanpersepsi positif dan membangun reputasi terhadap perusahaandi mata publik. Perusahaan-perusahaan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN ini juga telah mengolah cara dan fungsikomunikasi mereka di media digital atau internet. Oleh karenaitu, Digital Public Relations menjadi begitu penting untukmembangun citra positif perusahaan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN.
CEO SuaraPemerintah.ID Arief Munajad, mengatakan bahwamembangun reputasi di era digital saat ini merupakantantangan yang harus dihadapi semua lini bisnis. Khususnyabagi perusahaan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN,pemanfaatan media digital online menjadi sangat pentingkarena berbagai informasi saat ini bisa didapatkan denganmudah dan cepat melalui sarana tersebut. Ditambah lagipengguna media online semakin meningkat tajam.
“Dalam kondisi seperti sekarang, perusahaan harus go digital atau tertinggal. Melalui digital branding, perusahaandapat berkomunikasi dan berpromosi untuk meningkatkanbrand awareness maupun menjaring calon konsumen baru,” ujar Arief.
Arief menambahkan, SuaraPemerintah.ID hadir sebagaimedia yang aktif di ranah digital online untukmempublikasikan berbagai kinerja positif pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan Subsidiary (Anak Usaha) BUMN. Tujuannyaadalah agar terbangun reputasi atau citra yang baik dari publikterhadap pemerintah, BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN.
Untuk itu SuaraPemerintah.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menggelar Indonesia TOP Digital PR Award 2022 untuk mengapresiasi kegiatan PR Digital di BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN di seluruh Indonesia.
“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar PR BUMN, BUMD & Subsidiray BUMN semakin terpacu untukmengoptimalkan penggunaan media digital dalammembangun reputasi perusahaan,” tambah Arief.
Dalam acara ini, SuaraPemerintah.ID bekerja sama denganTRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting terkemukayang mendedikasikan diri terhadap penelitian akanperkembangan brand dan bisnis di Indonesia. TRAS N CO Indonesia juga sebagai penggagas penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, Brand Choice Award, Top Digital PR Award, Top Innovation Choice Award, dan penghargaan bergengsi lainnya.
CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo, mengatakan bahwareputasi BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN perlu dibangununtuk menciptakan kepercayaan dari berbagai pihak. Denganadanya kepercayaan, maka program-program pengembanganperusahaan-perusahaan pemerintah akan berjalan dengan baik. Di sinilah fungsi peran penting bagian humas atau PR (Public Relations) sebagai penghubung informasi antara internal perusahaan dengan semua pihak.
“Melihat pentingnya peran PR di BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN, maka kami perlu memberikan apresiasiuntuk memacu kinerja PR dalam upaya membangun reputasipositif BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN di era digital saat ini,” kata Tri.
Tri menjelaskan bahwa para peraih Indonesia TOP Digital PR Award 2022 merupakan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN yang telah dipilih berdasarkan penilaian TOP DIGITAL PR Index. Penilaian dilakukan mulai dari bulanDesember 2021 hingga Februari 2022 dengan menggunakanmetode Desk Research terhadap 107 perusahaan BUMN, 848perusahaan BUMD dan 400 lebih perusahaan subsidiary BUMN. Indonesia TOP Digital PR Award 2022 menggunakantiga parameter penilaian digital, yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect dan Digital Awareness Aspect.
Dari hasil penilaian tersebut, berikut perusahaan-perusahaanyang berhasil meraih TOP Digital PR Award 2022 Special Achievement for BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN yaitu:
Dengan adanya penghargaan TOP Digital Public Relations diharapkan akan mendorong praktisi PR untuk terusmemanfaatkan teknologi digital dalam membangun reputasiperusahaan.