Panen Ketiga, Bukti Suksesnya Implementasi Inovasi Program Blue Green di Kantor Gubernur Babel

Panen sayuran tanpa pestisida yang memanfaatkan lahan kosong di Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

KATANDA.ID, Pangkalpinang – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Harian Lepas (PHL) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tampak riang dan antusias.

Hal ini dikarenakan pada Selasa (6/6/2023) sore, mereka melakukan panen bersama aneka sayuran sehingga dapat membawa pulang gratis sayuran tersebut.

Panen sayuran tanpa pestisida itu berlangsung di Halaman Samping Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

Penanaman sayuran ini merupakan salah satu inovasi program Blue Green yang digagas oleh ASN Pemprov Kepulauan Babel, Erifan.

Menurut Erifan, Blue Green juga merupakan singkatan dari “Budidaya Lahan Upaya Ekonomis, Gerakan Replikasi Ekosistem Elok dan Natural”.

Selama ini di sela-sela aktivitasnya sebagai ASN di Biro Organisasi Setda Pemprov Kepulauan Babel, Erifan masih meluangkan waktunya menggarap lahan kosong di seputaran kantor gubernur.

“Sehabis jam kerja saya meluangkan waktu membersihkan dan mengolah lahan kosong ini sehingga Alhamdullilah berbagai tanaman sayur dan buah-buahan ini dapat hidup dengan baik,” ujar Erifan.

Tanaman itu antara lain cabai besar, cabai kecil, bayam, kangkung, sawi green/pak coy, kacang buncis, melon, pepaya, terong, semangka, timun, kecipir, seledri, dan kentang.

Selain itu nantinya akan ditanami juga dengan tanaman pohon khas Bangka Belitung seperti lada, pucuk idat, rukam, pelawan, simpor, pohon kuyang, dan kera duduk.

Selama ini tercatat sudah tiga kali tanaman yang dikelola oleh Erifan ini panen. Sayuran tanpa pestisida ini sangat menyehatkan untuk dikonsumsi, sehingga menjadi rebutan ASN wanita setiap kali panen. Apalagi mereka dapat memperoleh sayuran itu dengan gratis atau cuma-cuma.

Pada panen tersebut, tampak hadir Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Babel Hartono. Dia pun sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dikelola Erifan ini.

(Irwanto)

Pos terkait