Sambut Bonus Demografi, Herman Deru Motivasi Pemuda untuk Persiapkan Diri dengan Iptek dan Imtaq 

Foto bersama Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

KATANDA.ID, Ogan Ilir – Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel)  H Herman Deru mengharapkan para peserta Jambore Pemuda lebih peduli dengan kelestarian kebudayaan lokal yang ada di Provinsi Sumsel.

“Saya bangga dengan digelarnya Jambore Pemuda yang berisikan kompetisi budaya lokal dengan melibatkan kalangan pemuda. Ini tentu menjadi benteng di tengah derasnya arus budaya luar. Jangan sampai nanti produk warisan leluhur kita diklaim orang lain, dan ini tugas kita semua melestarikannya,” kata Herman Deru saat membuka Jambore Pemuda Daerah Provinsi Sumsel, yang dipusatkan di Tanjung Senai, Komplek Perkantoran Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (16/6/2023).

Lebih jauh Herman Deru menjelaskan, dalam mempersiapkan bonus demografi, dia mengajak kalangan pemuda membekali ilmu yang dipersiapkan sedini mungkin.

“Dalam waktu dua dekade lagi para generasi milenial dan generasi Z akan menyambut bonus demografi. Tentu kalian-kalian yang ada disini harus mempersiapkan diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian bidang iptek dan imtaq,” tambahnya.

“Belajar tidak hanya dari pendidikan formal saja. Tapi  banyak cara untuk mendapat ilmu dengan kecanggihan teknologi sekarang ini,” sebutnya pula.

Terkait Jambore Pemuda kali ini, Gubernur Herman Deru mengingatkan para peserta untuk menerapkan sikap profesional dan sportivitas yang tinggi.

“Untuk itu selamat menjalankan kegiatan jambore, selamat berkompetisi jangan lupa untuk tetap menjaga sportivitas dan bersikap profesional selama berkegiatan berlangsung,” imbuhnya.

Terkhusus untuk panitia lomba E-sport, Herman Deru menyiapkan hadiah khusus yakni 1 unit sepeda motor untuk pemenangnya. “Lomba E-sport di jambore kali ini, saya siapkan hadiahnya satu unit sepeda motor,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Herman Deru juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir yang telah bersedia menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Provinsi Sumsel 2023. Dia berharap, keberagaman budaya Ogan Ilir semakin banyak dikenal dan dipromosikan oleh banyak masyarakat.

“Terimakasih kepada Bupati Ogan Ilir, Bupati milenial kita yang telah mendukung dan memberikan partisipasinya dalam suksesnya acara ini. Semoga Ogan Ilir semakin dikenal,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar mengaku bangga, lantaran Ogan Ilir sekian kalinya menjadi tuan rumah acara tingkat provinsi.

“Alhamdulillah lagi-lagi Ogan Ilir dipercayai menjadi tuan rumah, kami bangga dan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan,” kata Panca.

Sebagai tuan rumah Jambore Pemuda 2023, Panca berharap Ogan Ilir kian dikenal. “Kami selaku pemerintah dan masyarakat Ogan Ilir senang jika daerah kami banyak dikenal melalui berbagai kesenian, keragaman budaya, dan wisata,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Rudi Irawan mengatakan kegiatan Jambore Pemuda 2023  berlangsung dari 15 hingga 19 Juni 2023 dengan melibatkan para pemuda dengan rentang usia 16-23 tahun.

“Tujuan Jambore Pemuda ini untuk mempererat silaturahmi para pemuda dari 17  kabupaten/kota di Sumsel, dengan berbagai perlombaan diantaranya, pentas seni budaya, pameran, lomba puisi dan lomba olahraga tradisional,” paparnya.

Selain lomba, Jambore Pemuda kali ini juga dilakukan Focus Group Disscusion (FGD) dengan melibatkan sejumlah pemateri. Usai membuka Jambore Pemuda, Herman Deru berkesempatan meninjau stand pameran yang diikuti 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

(Rel)

Pos terkait