Program Posyandu Remaja TP PKK Sumsel Dapat Dijadikan Ikon

Foto bersama Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel, Feby Deru.

KATANDA.ID, Palembang – Berbagai program unggulan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) disampaikan guna dapat dipastikan dalam verifikasi usulan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Sekretariat Militer Presiden RI bertempat di Hall C Griya Agung Palembang, Kamis (22/6/2023).

Pada verifikasi usulan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya, Tim Sekretariat Militer Presiden RI tertarik dengan program unggulan TP PKK Sumsel yaitu Posyandu Remaja.

“Kita sangat tertarik kepada program Posyandu Remaja TP PKK Sumsel,” kata Kepala Biro Penganugerahan, Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden RI, Kolonel Caj Sandy.

Menurutnya ketertarikan terhadap program Posyandu Remaja ini karena tempat edukasi dan mempersiapkan mereka (para remaja) untuk menuntut kehidupan di masa depan ditambah lagi  posyandu diisi oleh para pakar serta dokter yang membidangi.

Kolonel Caj Sandy menilai, Posyandu Remaja ini salah satu contoh yang bisa menjadi ikon bagi Sumsel. “Posyandu Remaja bila kita dalami akan menjadi ikon. Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah BKKBN. Jadi ini keunikan inovasi luar biasa dan jasa oleh TP PKK Sumsel,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru menjelaskan, Posyandu Remaja ini lebih untuk mengedukasi bagi para remaja terutama bagi mereka sebelum menikah yang sudah ada di 17 Kabupaten/kota se Sumsel. Selain itu di dalam posyandu remaja ini dilakukan juga diskusi dan kegiatan pengajian.

“Jadi posyandu remaja ini akan memberikan edukasi kepada mereka para remaja pra menikah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Feby juga memaparkan program yang sudah dijalankan oleh TP PKK Sumsel bersama TP PKK di 17 kabupaten/kota se-Sumsel dalam penurunan angka stunting.

Adapun kata Feby program yang digalakkan yaitu kegiatan pembinaan melalui Dasa Wisma. Dalam kerjanya Feby Deru mengatakan bahwa setiap program yang dijalankan itu tidak hanya sebagai seremonial belaka tapi lebih banyak kepada praktek di lapangan.

“Jadi memang untuk TP PKK saya tidak lebih kepada seremonial tapi turun ke lapangan,” pungkasnya.

Feby Deru mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi usulan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Sekretariat Militer Presiden RI yang sudah ke Sumsel.

“Terima kasih semoga program ini bisa masuk penghargaan tentu jika masuk dalam penghargaan ini bukan untuk saya pribadi tapi saya persembahkan kepada semua pengurus TP PKK se-Sumsel dan OPD serta mitra terkait,” tutupnya.

Usai melakukan paparan di Griya Agung, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru dan Wakil Ketua I TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya mendampingi, Tim Sekretariat Militer Presiden RI dan Tim Verifikasi untuk melakukan peninjauan lapangan usulan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya di beberapa Puskesmas dan Posyandu yang ada di Kota Palembang.

Pada kunjungan pertama rombongan tersebut meninjau Puskesmas Makrayu, diawali dengan meninjau dapur tanggap yang diperuntukkan untuk para ibu hamil yang melakukan kontrol kehamilan dan melakukan tes kesehatan pada anak balita.

Sementara itu pimpinan Puskesmas Makrayu, Rina Haryanti mengatakan tim gizi yang ada di Puskesmas Makrayu rutin mengawasi asupan gizi para ibu hamil dan balita.

“Untuk penanganan anak balita stunting kita setiap harinya memberikan makanan dengan menu gizi seimbang bervariasi yang diawasi langsung dari tim gizi puskesmas kami, pemberian makanan ini dilakukan setiap hari kerja, sehari 2 kali yaitu makan siang dan sore hari,” jelasnya.

Rina juga mengatakan kegiatan tersebut  berkolaborasi dengan instansi pemerintah  dengan berbagai program diantaranya petugas kesling, petugas batra yang berkolaborasi dengan lintas sektoral.

Dengan berbagai donatur diantaranya DWP Pertamina, DWP PDAM, klinik dokter, Komunitas Bunda Merah Putih, Kantor Camat Ilir Barat II, satgas stunting Kota Palembang dan sumbangan dari karyawan Puskesmas Makrayu.

Kemudian usai meninjau Puskemas Makrayu, Tim Sekretariat Militer Presiden RI bersama Feby Deru dan Fauziah Mawardi Yahya meninjau Posyandu As Syifa di Kelurahan Sentosa.

Di sini mereka mengawasi pemberian asupan gizi bagi balita, melihat kebun TP PKK, juga menyaksikan proses menimbang berat badan balita, dan penampilan sholawatan oleh Posyandu Remaja As Syifa.

(Rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *