Pemprov Sumsel Akan Luncurkan Program Gerakan Mudik Gratis Serentak se-Sumsel

Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni.

KATANDA.ID, Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) segera meluncurkan program Gerakan Mudik Gratis Serentak se-Sumsel (GMGSS). Program ini merupakan upaya konkret dalam mengakomodir keinginan masyarakat yang hendak mudik lebaran di kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang.

“Kami ingin menginformasikan kepada rekan-rekan media bahwa Pak Gubernur telah meluncurkan program mudik gratis, yang mana mudik gratis ini diperuntukan untuk masyarakat Sumsel,” ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi  Sumsel Ari Narsa di kantor Gubernur Sumsel Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/3/2024).

Nantinya, Pemprov Sumsel akan menyiapkan dua jenis moda transportasi melalui jalur darat, yaitu menggunakan bus dan kereta api.

“Untuk keseluruhan ada 18 bus dengan total penumpang kurang lebih 700 orang, begitu juga dengan kereta api terdapat dua rute masing-masing satu rangkaian, untuk dalam Provinsi rute yang tersedia dimulai dari Palembang, Muara Enim – Lahat – Tebing Tinggi – Kota Padang – Lubuk Linggau dengan jumlah penumpang 529. Sedangkan untuk luar Provinsi, di antaranya Palembang – Prabumulih – Baturaja – Martapura – Tanjung Karang (Lampung) dengan jumlah penumpang 520 orang,” papar Ari.

Nantinya pendaftaran mudik gratis akan dibuka secara online pada tanggal 20 Maret 2024. Terkait jadwal keberangkatan akan dilakukan pada tanggal 6 dan 9 April 2024 mendatang. Oleh karena itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Mudik gratis ini akan dilepas langsung oleh Bapak Pj Gubernur pada 6 April nanti. Kami juga telah merencanakan sekitar tanggal 20 Maret pendaftaran mudik gratis akan dibuka secara online. Kita juga bekerja sama dengan pihak Jasa Raharja untuk penumpang darat diberikan asuransi selama 7 hari,” ucap Ari.

Adapun syarat tambahan bagi masyarakat yang hendak menjadi peserta mudik gratis, harus  menunjukkan bukti telah membayar pajak kendaraan dengan menunjukkan STNK asli secara fisik atas nama yang bersangkutan.

“Kita utamakan penduduk yang berdomisili di Sumsel baik itu Kota maupun Kabupaten. Adapun bukti lunas pajak kendaraan ini kita lakukan untuk membuat masyarakat taat membayar pajak,” tandasnya.

Berikut rute angkutan bus Gerakan Mudik Gratis Serentak Se-Sumsel dalam Provinsi Sumsel:

1. Palembang – Lahat – Pagar Alam – Pendopo,
2. Palembang – Lahat – Tebing Tinggi,
3. Pelembang – Musi Banyuasin – Lubuklinggau – Musi Rawas Utara,
4. Palembang – Kayu Agung – Belitang – Muara Dua,
5. Palembang – Muara Enim – Baturaja – Martapura – Muaradua.

Sedangkan untuk rute luar provinsi meliputi :

1. Palembang – Padang Sidempuan (Medan),
2. Palembang – Kota Medan,
3. Palembang Bukit Tinggi (Padang),
4. Palembang – Solok – Lubuk basung (Padang),
5. Palembang – Solo (Terminal Tipe A Tirtonadi),
6. Palembang – Surabaya (Terminal Tipe A Purbaya). (ril)

Pos terkait