SMKN 2 Palembang Gandeng Perusahaan Untuk Tingkatkan Penyerapan Tenaga Kerja

Kepala SMK Negeri 2 Palembang, H. Suparman, S.Pd., M.Si..

KATANDA.ID, Palembang – Kepala SMK Negeri 2 Palembang, H. Suparman, S.Pd., M.Si., membuat langkah strategis dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah perusahaan. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan lulusan SMKN 2 Palembang memiliki peluang kerja yang lebih luas dan terjamin.

Suparman mengatakan, SMKN 2 Palembang juga mengambil langkah signifikan dengan mengirimkan alumni untuk magang kerja ke Jepang. Program ini diharapkan dapat membuka jalan bagi siswa-siswa untuk mendapatkan pengalaman internasional dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

“Kami ingin memfasilitasi anak-anak yang ingin memperbaiki masa depan mereka, baik dari segi ekonomi maupun pengalaman,” ujar Suparman.

Beberapa perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, serta berbagai pihak yang terlibat dalam program magang ini turut hadir untuk menjamin kelancaran keberangkatan siswa ke Jepang. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama dalam menciptakan peluang kerja yang nyata bagi lulusan SMKN 2 Palembang.

Kerjasama dengan perusahaan besar seperti PT. Telkom, PT. Multi Colour Printing, PT. Suka Motor Indonesia, dan PT. Bintang Gasing Persada telah berjalan dengan baik. Program ini tidak hanya membantu dalam penyerapan tenaga kerja, tetapi juga memberikan pengalaman industri yang berharga bagi siswa.

Pada tanggal 1 Juli 2024, enam orang siswa akan diberangkatkan ke Jepang untuk memulai program magang mereka. Sementara itu, sekitar 200 siswa lainnya masih menjalani pelatihan dan persiapan. Salah satu kendala yang dihadapi adalah persyaratan usia minimal 18 tahun untuk magang ke Jepang, yang membatasi sebagian peserta.

SMKN 2 Palembang menargetkan bahwa setiap tahunnya sekitar 200 lulusan dapat segera bekerja setelah menyelesaikan pendidikan. Target pencapaian ini terbagi menjadi 60% lulusan yang langsung bekerja, 30% menjadi wirausaha, dan 10% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Upaya SMKN 2 Palembang dalam menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan merupakan langkah konkret untuk mencapai target tersebut. Program-program ini dirancang untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Pihak sekolah berharap, dengan adanya kerjasama dan program magang ini, akan semakin banyak lulusan SMKN 2 Palembang yang sukses di berbagai bidang.

“Kami ingin siswa kami siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat,” tambah Suparman.

Langkah inovatif yang dilakukan oleh SMKN 2 Palembang ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penyerapan tenaga kerja. Kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang kompeten dan siap bersaing di pasar global.

Dengan berbagai inisiatif yang dijalankan, SMKN 2 Palembang terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi siswa-siswinya. Keberhasilan program ini akan menjadi bukti bahwa kerjasama yang baik antara sekolah dan industri dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak.(Yanti)

Pos terkait