Besok, Kemenhub Kembali Buka Pendaftaran Mudik Gratis Tahap Kedua

Ilustrasi.

KATANDA.ID, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka pendaftaran mudik gratis tahap kedua pada 18 April setelah kuota tahap pertama dikatakan ludes.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis tahap satu dengan anggaran Rp10 miliar melibatkan 530 bus telah ditutup.

Bacaan Lainnya

“Besok hari Senin (18/4) saya akan buka lagi yang tahap kedua dengan jumlah anggaran yang sama,” kata dia di sela kegiatan inspeksi keselamatan di Terminal Bus Tipe A Bulupitu Purwokerto Sabtu (16/4) diberitakan Antara.

Program ini dikatakan dapat membantu mobilisasi 21 ribu penumpang termasuk sepeda motornya yang diperkirakan 1.100 unit dari Jabodetabek ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Pemudik akan menggunakan bus, sedangkan motor diangkut menggunakan truk.

“Kalau dengan kereta api itu juga akan didukung karena Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laut, dan Dirjen Perkeretaapian untuk menyiapkan mudik gratis bagi penumpangnya termasuk kendaraan-kendaraan sepeda motor,” ucap dia.

Persiapan mudik gratis yang pendaftarannya bisa diakses warga melalui situs mudikgratishubdat.dephub.go.id ini dikatakan sudah mencapai 60 persen. Menurut Budi pihaknya sudah berkomunikasi dengan semua operator bus antarkota antarprovinsi (AKAP), operator bus pariwisata, dan semua yang terlibat.

Dia juga menjelaskan di beberapa terminal dan simpul transportasi akan disiapkan layanan kesehatan, vaksinasi, dan antigen. Selain itu juga dipikirkan masalah keselamatan dari aspek kecelakaan lalu lintas.

“Kita meminimalisasi dan kita harapkan tidak terjadi (kecelakaan lalu lintas). Mudah-mudahan bisa ‘zero accident’ selama angkutan lebaran,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *