Wladimir Klitschko Kobarkan Semangat Perjuangan di Mariupol

Mantan juara dunia tinju kelas berat dunia asal Ukraina Wladimir Klitschko.

KATANDA.ID, Jakarta – Mantan juara dunia tinju kelas berat dunia asal Ukraina Wladimir Klitschko mengobarkan semangat perjuangan melawan Rusia di Mariupol.

Klistchko menyampaikan situasi terkini kota Mariupol setelah pihak Rusia menyatakan kemenangan atas wilayah tersebut.

Klitschko menyatakan Mariupol akan tetap menjadi bagian dari Ukraina meski diklaim oleh pihak musuh. Ia mengutuk keras serangan yang dilakukan Rusia terhadap warga sipil di wilayah sebelah timur Ukraina tersebut.

“Mariupol adalah simbol pengorbanan dan kegigihan rakyat Ukraina walaupun jika kota ini hancur lebur, tanpa kekuatan yang tersisa, gas atau air, makanan dan obat,” katanya dalam video yang ia unggah di akun Twitter-nya.

“Mariupol adalah luka bagi Ukraina dan seluruh dunia. Karena orang-orang di sana benar-benar disandera, dibiarkan kelaparan hingga mati dan dibunuh dalam serangan. Mereka dibawa ke sebuah camp yang berada di teritorial penjajah, dan ini terjadi di Eropa abad ke-21,” lanjut Klitschko.

Adik dari Vitali Klitschko itu menyampaikan warga Ukraina akan tetap berusaha mempertahankan Mariupol dari agresi Rusia yang dikabarkan sudah mengepung kota tersebut.

“Melalui perjuangan yang keras dengan luka dan kelelahan akibat kehilangan nyawa dari saudara-saudara mereka, tentara Ukraina masih berada di garis pertempuran dan mencegah musuh benar-benar menguasai kota,” ucapnya.

“Hari ini dunia harus tahu bahwa Mariupol adalah bukti kejahatan yang dilakukan Rusia dan bahkan lebih besar daripada Bucha, Irpen, Gostomel, dan Borodianka,” katanya menambahkan.

Klitschko mengklaim Rusia sedang berusaha membuat narasi palsu tentang alasan mengepung Mariupol. Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut serangan terhadap Mariupol dilakukan untuk menyingkirkan kelompok Batalion Azov yang ditengarai merupakan organisasi neo-Nazi.

“Saat ini mereka sedang mencoba menutupi kebiadaban yang mereka lakukan di Mariupol. Dunia harus menekan lebih intens kepada Putin dan rezimnya. Organisasi internasional dan media asing harus mendapat akses ke Mariupol dan melihat situasi yang sebenarnya,” ucapnya.

“Koridor kemanusiaan merupakan hal vital untuk menyelamatkan nyawa warga sipil di Mariupol. Militer Ukraina perlu mendapat bantuan senjata. Mariupol harus dibantu karena ini bukti perjuangan dan kemenangan. Jaya Ukraina, Jaya para pahlawan!” ujar Klitschko.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *