Herman Deru Ajak Semua Umat Lintas Agama Tetap Kompak Dukung Pembangunan Sumsel

Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

KATANDA.ID, OKU Timur – Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) H Herman Deru mengajak semua umat bergama yang ada di Sumsel tetap sinergi, menjaga kekompakan dalam mengawal pemerintah membangun daerah.

“Siapapun kita tetap jaga hubungan baik dengan sesama, kompak dan sinergi dalam membangun daerah,” kata Gubernur Herman Deru ketika menyampaikan sambutan pada acara Dharma Santi Perayaan Hari Suci Nyepi tahun Saka 1945/2023 Masehi yang dipusatkan di Desa Wana Bakti, Kecamatan Madang Suku III, Kabupaten OKU Timur, Minggu (30/4/2023) pagi.

Dikatakan Deru, perayaan Dharma Santi yang dihadiri ribuan umat hindu di OKU Timur tersebut  merupakan ajang  silaturahmi  bagi umat hindu dalam rangka  membangun kerukunan dalam kehidupan berbangsa dan beragama.

Karena itu dia mengaku sengaja hadir dalam acara Dharma Santi sebagai sarana menguatkan silaturahmi antara umaro atau pemimpin dengan masyarakat yang dipimpinnya.

“Saya sengaja hadir ditengah-tengah kalian yang melaksanakan Dharma Santi hari ini, kebetulan hari raya nyepi ini berdekatan dengan hari raya idul fitri, mari kita saling berbahagia, saling memaafkan satu sama lain,” kata Herman Deru.

Melalui momentum Dharma Santi, Herman Deru mengajak umat Hindu melakukan introspeksi  diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Maknai Dharma Santi ini sebagai ajang  introspeksi diri, apa kita lakukan sebelumnya yang kurang baik, ke depan  kita jadikan lebih baik lagi,” ujarnya.

Herman Deru mengharapkan, umat beragama di Sumsel bisa meredam semua perbedaan menjadi kekuatan dalam pembangunan. “Kita harus saling peduli, satu sama lain. Jauhkan sikap egoisme atau apatis dengan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya Herman Deru mengharapkan umat beragama di Sumsel tetap menjaga kerukunan dalam  pertahankan Sumsel zero konflik. “Mari kita pertahankan Sumsel zero konflik dengan jaga kerukunan antar umat beragama,” tandasnya.

Sementara itu Bupati OKU Timur, H Lanosin Hamzah mengucapkan syukur atas kehadiran Gubernur Herman Deru memenuhi undangan umat hindu di OKU Timur.

“Tahun ini hari raya umat Islam dan umat hindu berdekatan, untuk itu saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin semoga kita selalui diberkahi,” kata Enos.

Sementara itu Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sumsel, I Gusti Bagus Surya Negara mengungkapkan, rasa syukur dan senangnya karena acara Dharma Santi kali ini dihadir langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.

“Kami berterima kasih atas kehadiran Pak Gubernur di acara keagamaan kami umat hindu, beliau merupakan pemimpin yang rendah diri dan akrab dengan masyarakat, merangkul semua kalangan tanpa memandang suku dan agama,” kata Surya Negara.

Surya Negara menambahkan, Herman Deru adalah seorang pemimpin yang mempunyai jiwa toleransi beragama yang tinggi. “Kita jaga kerukunan dalam rangka mempertahankan Sumsel  zero konflik,” tandasnya.

Turut mendampingi Gubernur Herman Deru Ketua KORMI Sumsel, Hj Samantha Tivani HD.

(Rel)

Pos terkait