Muba Raih Juara Kuliner Terbaik Festival Anjungan Sumsel 2023

Gulai Ampai Kuliner Khas Muba Pukau Masyarakat Sumsel

 

KATANDA.ID, Palembang – Pamerkan Kuliner dengan khas kearifan lokal, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil menarik perhatian masyarakat hingga meraih Juara 1 kategori Kuliner Terbaik pada Festival Anjungan dalam rangka Pekan Adat Provinsi Sumatera Selatan, tanggal 3 sampai 5 Agustus 2023 di Dekranasda Jakabaring Palembang.

“Alhamdullilah Kabupaten Muba kembali meraih juara 1 kategori kuliner terbaik pada event Festival Anjungan tahun ini. Tentu menjadi suatu kebanggan sendiri bagi kita, karena telah menampilkan berbagai kuliner khas Muba seperti gulai ampai, ikan salai sambal, pundang seluang, ikan gabus panggang, sambal kemang, olahan pedo dan kue serta minuman jus buah embam. Pada tahun ini kita fokus memamerkan dan mengenalkan produk-produk handmade yang mengangkat kearifan lokal,” ucap Ketua Dekranasda Muba, Hj Asna Aini Apriyadi, Sabtu (5/8/2023).

Tidak hanya itu, lanjut Asna, Rumah Adat Muba juga menyajikan produk-produk herbal.

“Semoga melalui rangkaian Pekan Adat tahun 2023 ini, Karya-karya UMKM Muba lebih dikenal masyarakat Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdagperin Muba Azizah SSos MT mengatakan adapun produk produk yang dipamerkan diantaranya kerajinan tenun Gambo Muba, kerajinan anyaman, piring container pelepah pinang.

“Kemudian, produk kuliner khas Muba dari setiap Kecamatan dan produk-produk herbal dan olahan lainnya, sehingga melalui event ini dapat melestarikan budaya lokal,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, hadir secara langsung dan membuka secara resmi kegiatan festival anjungan dan pekan adat ke-4. Penyelenggaraan festival ini memiliki tujuan mempromosikan kepada masyarakat akan kekayaan rumah adat yang ada di kab/kota di Sumsel.

“Untuk itu, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi Kabupaten/Kota yang telah turut memeriahkan festival anjungan dan pekan adat ke-4 tahun 2023,” ucapnya.

“Semoga festival ini dapat diadakan setiap tahun agar anjungan yang dimiliki ini terpelihara baik dan layak diperkenalkan pada tamu dalam maupun luar kita sebagai destinasi wisata yang membanggakan,” harapnya.

Pos terkait