Agenda Pj Bupati Banyuasin, Turunkan Angka Stunting di Tahun 2024

Rapat koordinasi di tingkat kecamatan dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan koordinasi tim percepatan penurunan stunting (TPPS) dan memastikan data stunting yang valid.

KATANDA.ID, Banyuasin – Penurunan angka stunting menjadi prioritas utama Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH, yang telah mengidentifikasi hal ini sebagai salah satu dari 10 fokus kinerjanya. Sosialisasi secara aktif, baik melalui himbauan maupun dialog langsung dengan masyarakat, terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang stunting.

Penurunan stunting juga menjadi bagian dari agenda kerja Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Merry Hani Rustam, yang bersama pengurus TP PKK kabupaten dan kecamatan, serta Pemerintah Kecamatan, terus berkolaborasi dalam upaya penurunan stunting. Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kecamatan Talang Kelapa Tahun 2024 menjadi salah satu contoh kegiatan konkret yang dipimpin langsung oleh Camat Talang Kelapa, Salinan, S.Sos., MM.

Bacaan Lainnya

Pengurus PKK Banyuasin bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kecamatan, dan instansi terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam mengurangi angka stunting. Rapat koordinasi di tingkat kecamatan dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan koordinasi tim percepatan penurunan stunting (TPPS) dan memastikan data stunting yang valid.

Stunting, yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, menjadi fokus pencegahan sejak usia remaja. Upaya pencegahan melibatkan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) secara rutin dan perhatian terhadap asupan gizi ibu dan anak, mulai dari masa kehamilan hingga anak usia 0-59 bulan.

Camat Salinan menekankan pentingnya koordinasi antara pengurus TPPS, Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader Pembangunan Manusia, Kader Posyandu, dan penggiat lainnya. Mereka diminta untuk meningkatkan sinergi dalam melaksanakan kegiatan intervensi serta memberikan bantuan kepada keluarga stunting dan resiko stunting.

Dengan dukungan optimal dari semua pihak, target Penjabat Bupati Banyuasin untuk menurunkan angka stunting hingga akhir tahun 2024 harus diwujudkan. Semua pihak, termasuk Pemkab Banyuasin dan Tim Pengurus PKK Kabupaten Banyuasin, diharapkan terus bersinergi demi mewujudkan Banyuasin Maju. (**)

Pos terkait