Presiden Jokowi bersama Pj Gubernur Agus Fatoni Salurkan Bantuan Pangan di Kota Lubuk Linggau

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyerahkan bantuan pangan cadangan beras.

KATANDA.ID, Lubuk Linggau – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada keluarga penerima manfaat. Bantuan ini diserahkan di sela-sela kegiatan kunjungan kerja (kunker) Presiden Jokowi di Gudang Bulog Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024).

Selain itu, di lokasi ini Presiden Jokowi juga meninjau ketersediaan stok beras secara langsung. Presiden Jokowi juga memastikan kelanjutan distribusi bantuan pangan kepada masyarakat penerima manfaat. Kepala Negara memastikan bahwa bantuan pangan yang telah diterima masyarakat sejak bulan Januari hingga Mei 2024 akan terus berlanjut sampai bulan berikutnya.

Bacaan Lainnya

“Saya akan melihat fiskal anggaran APBN dan nanti bulan Juni akan saya umumkan tapi kelihatannya bisa dilanjutkan. Bapak ibu berdoa bersama ya,” ujar Presiden Jokowi.

Melalui kesempatan ini, Presiden Jokowi juga berinteraksi langsung dengan masyarakat. Dirinya bahkan menanyakan tentang kualitas beras yang telah dibagikan pemerintah.

“Ada keluhan mengenai berasnya? Menurut saya itu berasnya lebih bagus dari yang saya makan. Saya tadi ditunjukkan oleh Pak Kepala Bulog di dalam, ‘Pak ini yang dibagi’. Agak pulen ya tapi enak kan? Itu beras yang kita bagi itu premium,” ucap Presiden.

Dengan tidak adanya keluhan dari masyarakat, Presiden menyimpulkan bahwa distribusi bantuan pangan telah berjalan dengan baik. Keputusan untuk melanjutkan distribusi ini diharapkan akan diumumkan pada pertengahan bulan Juni tergantung pada ketersediaan anggaran APBN.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga sempat memberikan kuis berhadiah sepeda kepada warga yang bisa mengucapkan Pancasila.

“Nanti hari Sabtu kita akan memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, yang hadir di sini yang hafal Pancasila tunjuk jari,” ucapnya disambut riuh masyarakat yang antusias untuk menjawab.

Kegiatan ini tak hanya dilakukan pemerintah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasarnya. Tetapi juga memastikan transparansi dan responsivitas pemerintah dalam menanggapi kebutuhan masyarakat terkait kualitas bantuan pangan yang diberikan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut, yaitu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi dan Pj Walikota Lubuklinggau Trisko Defriyansa.

Pos terkait