SMB IV Ingatkan Kejayaan Kesultanan-kesultanan di Nusantara di Masa Lalu

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diraja SH Mkn saat menjadi narasumber dalam Webinar Embark The Adventure Of Nusantara Greatest Sultanates.

KATANDA.ID, Palembang – Webinar Embark The Adventure Of Nusantara Greatest Sultanates digelar , Minggu (17/4) Live On Indonesia Hidden Heritage Facebook Page.

Acara ini menampilkan 4 kesultanan yang ada di Indonesia yaitu Banten, Palembang Darussalam, Banjar dan Gowa.

Bacaan Lainnya

Dari Kesultanan Banten diwakili oleh Sultan Banten ke 18, Sultan RTb (RatuBagus) Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja beserta keluarga, Kesultanan Palembang Darussalam diwakili oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diraja SH Mkn dan Pangeran Suryo Kemas Ari Panji, Lalu Darmanto dari Museum Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan, Daeng Gajang dari Makassar City Heritage.

Acara Pembukaan ini menampilkan Prof. Dr. Dr. Ir. KRAy. Naniek Widayati Priyomarsono. M.T. sebagai Sekjen FSKN ( Forum Silahturahmi Keraton Nusantara ) yang menyampaikan Overview ttg Legacy kesultanan sebagai cultural heritage tourism.
Webinar kali ini memberikan informasi tentang sejarah kesultanan dari beberapa daerah di Indonesia dan potensi wisata warisan budaya di destinasi eks kesultanan tersebut.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diraja SH Mkn melihat webinar ini menampilkan banyaknya kearipan lokal dan kebesaran Sultan-Sultan di Nusantara pada eranya seperti dari Kesultanan Palembang Darussalam, Kesultanan Banten, Kerajaan Gowa dimana dulu semua kesultanan dan kerajaan tersebut sangat besar.

“ Dengan webinar ini menunjukkan kepada masyarakat di Indonesia bahwa kearipan lokal kita sangat bagus dan menunjukkan kebesaran kesultanan-kesultanan di nusantara dari Sumatera, Jawa , Sulawesi, bahkan dari Kalimantan, jadi kebesaran di tiap pulau itu ada semua,” katanya.

Dalam webinar tersebut menurutnya juga menampilkan kejayaan Kesultanan Turki Usmani dengan melihat koleksi museum Topkapi.

“ Memang kita memiliki nilai-nilai dan juga kekayaan yang sangat banyak di nusantara ini,” kata SMB IV.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *